BUAH-buah impor kian membanjiri Tanah Air bahkan tidak sedikit yang kemudian lebih memilih buah ini ketimbang hasil lokal. Maka, adalah kewajiban bersama untuk masyarakat menjaga dan memajukan buah-buah Nusantara.
Sebuah gerakan kemudian digagas Asosiasi Ekspor-Impor Buah dan Sayuran Segar Indonesia (ASEIBSSINDO) untuk ‘menyelamatkan’ eksistensi dan menjadikan buah Nusantara raja di pasar dalam negeri. Gerakan ini diberi tajuk Nusa Fresh. Nusa Fresh yang mulai digalakkan sejak 2006 ini diharapkan juga mampu meningkatkan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap buah yang dihasilkan.
Menurut data 2010, konsumsi buah masyarakat Indonesia hanya 32kg per kapita per tahun, padahal Food and Agriculture Organization (FAO) memberi batas konsumsi minimal 65,75 kg per kapita per tahun. Jumlah konsumsi buah masyarakat Indonesia masih kurang dari setengah jumlah yang direkomendasikan FAO. Namun, ASEIBSSINDO yakin bahwa pasar buah di Indonesia masih cukup besar untuk masa mendatang.
"Kita ingin membuat identitas buah Indonesia dikenal seluruh dunia. Sebab , Indonesia memiliki keindahan dari segi alam terutama buah-buahan," ungkap Kafi Kurnia selaku Ketua ASEIBSSINDO kepada okezone usai acara “Branding and Promosi Buah Nusantara” di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2012).
Ia menambahkan, buah-buah Nusantara sangat eksotik serta limited edition yang tidak dimiliki oleh negara-negara lainnya. "Buah tropis Indonesia itu cukup berbeda karena memiliki rasa serta ragam yang banyak. Buah kita juga memiliki varietas berbeda untuk setiap daerahnya," tambahnya.
Tujuan Nusa Fresh sekaligus memajukan buah-buahan Nusantara hingga tersohor ke mancanegara. "Kita yakin ke depannya buah-buahan Indonesia akan semakin berkembang dan semakin diminati negara-negara luar karena memiliki cita rasa berbeda, bahkan semua rasa dimiliki buah-buahan di Indonesia ," tandasnya.
Visi dan misi Nusa Fresh dalam memajukan buah Nusantara tergambar dalam logo nama yang dibuat. Tiga arti menjadi filosofi yang memotivasi setiap aktivitas yang dijalankan.
"Nusa Fresh terdiri dari warna kuning, artinya adalah bahwa Indonesia berada di garis khatulistiwa serta menunjukkan kesegaran buah Nusantara. Simbol warna merah putih yang berada di tengah menunjukkan identitas Indonesia sesungguhnya," tutupnya.
Sebuah gerakan kemudian digagas Asosiasi Ekspor-Impor Buah dan Sayuran Segar Indonesia (ASEIBSSINDO) untuk ‘menyelamatkan’ eksistensi dan menjadikan buah Nusantara raja di pasar dalam negeri. Gerakan ini diberi tajuk Nusa Fresh. Nusa Fresh yang mulai digalakkan sejak 2006 ini diharapkan juga mampu meningkatkan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap buah yang dihasilkan.
Menurut data 2010, konsumsi buah masyarakat Indonesia hanya 32kg per kapita per tahun, padahal Food and Agriculture Organization (FAO) memberi batas konsumsi minimal 65,75 kg per kapita per tahun. Jumlah konsumsi buah masyarakat Indonesia masih kurang dari setengah jumlah yang direkomendasikan FAO. Namun, ASEIBSSINDO yakin bahwa pasar buah di Indonesia masih cukup besar untuk masa mendatang.
"Kita ingin membuat identitas buah Indonesia dikenal seluruh dunia. Sebab , Indonesia memiliki keindahan dari segi alam terutama buah-buahan," ungkap Kafi Kurnia selaku Ketua ASEIBSSINDO kepada okezone usai acara “Branding and Promosi Buah Nusantara” di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2012).
Ia menambahkan, buah-buah Nusantara sangat eksotik serta limited edition yang tidak dimiliki oleh negara-negara lainnya. "Buah tropis Indonesia itu cukup berbeda karena memiliki rasa serta ragam yang banyak. Buah kita juga memiliki varietas berbeda untuk setiap daerahnya," tambahnya.
Tujuan Nusa Fresh sekaligus memajukan buah-buahan Nusantara hingga tersohor ke mancanegara. "Kita yakin ke depannya buah-buahan Indonesia akan semakin berkembang dan semakin diminati negara-negara luar karena memiliki cita rasa berbeda, bahkan semua rasa dimiliki buah-buahan di Indonesia ," tandasnya.
Visi dan misi Nusa Fresh dalam memajukan buah Nusantara tergambar dalam logo nama yang dibuat. Tiga arti menjadi filosofi yang memotivasi setiap aktivitas yang dijalankan.
"Nusa Fresh terdiri dari warna kuning, artinya adalah bahwa Indonesia berada di garis khatulistiwa serta menunjukkan kesegaran buah Nusantara. Simbol warna merah putih yang berada di tengah menunjukkan identitas Indonesia sesungguhnya," tutupnya.
sumber: http://www.okefood.com/read/2012/02/16/299/577118/large
0 comments:
Post a Comment