Official Twitter of FBBN 2013Facebook Festival Bunga dan Buah Nusantara 2013Google Plus Festival Bunga dan Buah Nusantara 2013RSS Feed Festival Bunga dan Buah Nusantara 2013Email Festival Bunga dan Buah Nusantara 2013
Home » , , » IKRAR, PAWAI dan LOMBA KARNAVAL

IKRAR, PAWAI dan LOMBA KARNAVAL

Written By FBBN IPB on Tuesday, April 9, 2013 | 9:32 AM

LATAR BELAKANG
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang dianugerahi sumber daya alam yang berlimpah. Berbagai jenis tanaman hortikultura seperti tanaman buah, sayur dan tanaman hias (termasuk bunga) tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, pemerintah dan masyarakat belum secara optimal memanfaatkan potensi tersebut. Saat ini berkembang image di masyarakat bahwa produk hortikultura berkualitas ditentukan oleh warna yang bagus, ukuran yang relatif sama, penampilan bersih dan menarik serta disajikan pada outlet-outlet modern, dimana persyaratan tersebut umumnya dipenuhi oleh produk impor. Pada kenyataannya produk impor kurang memenuhi persyaratan kesehatan akibat penanganan produksi dan pasca panen yang mempergunakan bahan kimia, yang membahayakan kesehatan.

Buah Nusantara sesungguhnya memiliki kelebihan cita rasa dan penanganan produksi dan pasca panen yang lebih sehat. Masyarakat perlu diajarkan bahwa kualitas produk bukan hanya dilihat dari warna, ukuran serta penampilan yang bersih dan menarik, tetapi juga unsur kesehatan dan cita rasa. Untuk mengkampanyekan kecintaan terhadap Bunga dan Buah Nusantara, maka Festival Bunga dan Buah Nusantara 2013 melaksanakan Pawai dan Karnaval bertemakan “CINTA BUNGA DAN BUAH NUSANTARA”. 

Kegiatan Pawai dan Karnaval ini akan diikuti oleh 5000 peserta yang akan berasal dari siswa-siswi SMA/SMK/MA, Warga IPB, Instansi-instansi Pemerintah serta masyarakat Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Kegiatan ini dimeriahkan pula dengan lomba karnaval antar SMA/SMK/MA se-wilayah Bogor dan antar Organisasi Mahasiswa Daerah (OMDA) di lingkungan IPB.

WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan Deklarasi Ikrar, Pawai dan Lomba Karnaval akan diselenggarakan pada tanggal 19 Mei 2013. Kegiatan Deklarasi Ikrar “Cinta Bunga dan Buah Nusantara” akan dilaksanakan di Lapangan Kampus IPB Baranangsiang, Bogor pukul 06.00-06.30 WIB.

Sedangkan kegiatan Pawai dan Lomba Karnaval antar SMA/SMK/MA serta antar OMDA (Organisasi Mahasiswa Daerah) IPB akan dilaksanakan pukul 07.00-10.00 WIB di Jalan-jalan seputar Kebun Raya di Kota Bogor.

DESKRIPSI KEGIATAN IKRAR CINTA BUNGA DAN BUAH NUSANTARA
Ikrar merupakan bentuk pernyataan/deklarasi dari 5000 peserta pawai akan kecintaan terhadap bunga dan buah nusantara. Deklarasi ikrar akan dicanangkan oleh Menteri Pertanian RI yang didampingi oleh Rektor IPB dan akan diikuti oleh seluruh perserta pawai. Pencanangan deklarasi ikrar akan diikuti dengan aksi mengkonsumsi berbagai jenis buah nusantara oleh seluruh peserta pawai secara bersamaan. Sebagai tindak lanjut pencanangan deklarasi ikrar, akan dibagikan kepada seluruh peserta berbagai jenis bibit buah nusantara, yang disediakan oleh Ditjen Hortikultura Kementan RI. Setiap peserta akan mendapatkan 1 tanaman bibit buah nusantara untuk ditanam di pekarangan masing-masing, yang diharapkan akan dapat menambah jumlah pohon buah nusantara di seluruh Indonesia.

PAWAI

Deskripsi Kegiatan Pawai
Kegiatan Pawai akan dilaksanakan setelah pencanangan ikrar. Pawai akan diberangkatkan oleh Menteri Pertanian RI, dengan rute mengelilingi Kebun Raya Bogor. Kegiatan pawai akan diikuti oleh beberapa kelompok peserta yang berasal dari Keluarga Besar IPB (Dosen, Karyawan, Staf, dan Mahasiswa), peserta lomba karnaval dari SMA/SMK/MA dan berbagai Organisasi Mahasiswa Daerah (OMDA) di IPB, berbagai intansi ataupun asosiasi dan masyarakat umum.

Dalam kegiatan pawai akan dipresentasikan berbagai bentuk kreatifitas tampilan bunga dan buah nusantara, 10 Icon buah (alpukat, manggis, mangga, pisang, jambu biji, durian, rambutan, pepaya, jeruk, salak) dan 2 Icon bunga (krisan dan anggrek), serta Putri Bunga dan Putri Buah Nusantara. Acara Pawai ini akan dimeriahkan oleh Parade Cinta Bunga dan Buah Nusantara oleh 33 SMA/SMK/MA se-wilayah Bogor dan Organisasi Mahasiswa Daerah (OMDA) dari 33 Propinsi se-IPB, Marching Band GITA PAKUAN BOGOR, Drum band SMP/SMA/SMK/MA di wilayah Bogor, serta Parade dari 11 Fakultas yang ada di IPB.

Peraturan dan Tata Tertib Umum Pawai

  1. Peserta berasal dari IPB, Instansi Pemerintah dan Swasta, SMA/SMK/MA dan masyarakat Bogor/ luar Bogor yang mendaftar.
  2. Peserta diwajibkan melakukan pendaftaran ulang untuk mendapatkan nomor urut peserta di Area Registrasi Baranangsiang pada Hari, Minggu tanggal 19 Mei 2013 mulai pukul 05.00 WIB
  3. Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mengadakan atraksi di jalan yang mengakibatkan barisan terganggu atau berhenti.
  4. Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN mendahului peserta lain yang berada didepannya (barisan harus berurutan sesuai dengan nomor urut)
  5. Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN membawa /menampilkan Atribut Partai peserta Pemilu.
  6. Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN membawa senjata tajam yang membahayakan khalayak umum
  7. Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN menampilkan atribut tulisan dalam bentuk apapun yang mengandung unsur SARA
  8. Peserta TIDAK DIPERBOLEHKAN membawa kendaraan ataupun perlengkapan atraksi lainnya yang melebihi ketinggian 3 (tiga) meter di dalam pawai
  9. PERATURAN ini merupakan peraturan dasar yang menjadi prasyarat dalam penilaian Lomba Karnaval
Rute Pawai
Rute pawai yang akan dilalui adalah : START : Jalan raya Pajajaran (depan lapangan kampus IPB Barangsiang), >> Pertigaan Plaza Pangrango >> Jalan Jalak Harupat/Sempur >> Balai Kota Bogor >> Bogor Trade Mall >> Tugu Kujang >> FINISH : Jalan Raya Pajajaran (depan lapangan kampus
IPB Barangsiang)


LOMBA KARNAVAL

Deskripsi Kegatan Lomba Karnaval
Kegiatan Lomba Karnaval akan dilaksanakan di dalam kegiatan Pawai dengan tema “Cinta Bunga dan Buah Nusantara”. Lomba karnaval ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kecintaan pada bunga dan buah nusantara serta mendorong kreatifitas generasi muda dalam mengapresiasikan kecintaaan tersebut melalui seni menampilkan dengan pola karnaval. 

Lomba ini akan dibagi dalam 2 kategori, yaitu :
  1. Lomba Karnaval antar SMA/SMK/MA se-wilayah Bogor
  2. Lomba Karnaval antar Organisasi Mahasiswa Daerah (OMDA) di lingkungan IPB
Persyaratan Umum Lomba Karnaval
  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran dengan jumlah peserta minimal 25 orang untuk satu regu.
  2. Masing-masing OMDA/SMA/SMK/MA bebas memilih komposisi peserta.
  3. Peserta lomba adalah dosen, karyawan, mahasiswa/i, guru, siswa/i SMA/SMK/MA, atau bagian pendukung yang terdaftar, yang dibuktikan dengan fotokopi KartuTandaPelajar, ataupun keterangan lain yang menunjukkan identitas peserta.
  4. Peserta lomba diwajibkan membuat spanduk yang menunjukkan identitas peserta dan memuat tagline kampanye dengan tema “cinta bunga dan buah nusantara”.
  5. Peserta bebas berkreasi sepanjang tidak melanggar peraturan dan tata tertib yang ditetapkan panitia.  
  6. Peserta akan mendapat nomor dada dari panitia yang selanjutnya harus dipakai oleh peserta di barisan terdepan dan akan menentukan urutan dalam barisan pawai, yang akan dimulai dari nomor terkecil.
  7. Bagi peserta yang datang terlambat, pengaturan start jalan akan diarahkan oleh panitia.
  8. Peserta diwajibkan mengikuti dengan tuntas rute/jalur karnaval yang telah ditentukan panitia. Bila kondisi peserta tidak memungkinkan untuk meneruskan perjalanan karena sakit atau kondisi darurat lainnya, maka peserta diharapkan segera menepi dan melapor kepada ketua regunya atau ke panitia, untuk dapat segera dilakukan penanganan medis jika diperlukan.
  9. Peserta dilarang membawa atribut ataupun perlatan yang dapat membahayakan/memprovokasi pribadi maupun kelompok
  10. Peserta diperbolehkan menyediakan/membawa makanan dan minum sendiri
  11. Penilaian akan dilakukan di sepanjang jalan saat pawai berlangsung
  12. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada hari Minggu, tanggal 19 Mei 2013, setelah pawai berlangsung. 
  13. Keputusan juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  14. Acara penghormatan pemenang diatur tersendiri oleh Panitia
  15. Hal-hal yang belum diatur akan diatur kemudian oleh panitia

Peraturan dan Tata Tertib Khusus Lomba Karnaval antar SMA/SMK/MA sewilayah Bogor
  1. Peserta lomba karnaval diperbolehkan mendaftar lebih dari 1 (satu) regu dari setiap sekolah
  2. Peserta lomba dapat melakukan atraksi atau kegiatan lainnya, dengan tidak mengganggu jalannya pawai atau peserta lain.
Peraturan dan Tata Tertib Khusus bagi Peserta Lomba Karnaval Antar OMDA Se-IPB
  1. Peserta lomba karnaval dari 1 (satu) OMDA diperbolehkan mendaftarkan lebih dari 1 (satu) regu atau beraliansi lebih dari 1 (satu) OMDA untuk mendaftar menjadi satu tim yang membawa nama daerah masing-masing.
  2. Peserta lomba diwajibkan menunjukkan minimal 1 (satu) ciri khas daerah yang dibawa dalam bentuk icon kreativitas, atraksi atau kegiatan lainnya, dengan tidak mengganggu jalannya pawai atau peserta lain.

KRITERIA PENILAIAN
  1. Kreativitas dalam pemilihan kostum dan atribut yang dikenakan, yang sesuai dengan tema Cinta Bunga dan Buah Nusantara.
  2. Kekompakan : Keseragaman dan keselarasan gerak, pengumandangan yel
  3. Kerapihan : Kerapihan barisan, konfigurasi barisan, kerapihan kostum sepanjang pawai
  4. Semangat : Semangat dalam kelompok dan semangat mendorong antusiasme penonton

PESERTA
  1. Peserta Lomba Karnaval antar SMA/SMK/MA di wilayah Bogor, adalah siswa SMA/SMK/MA dengan jumlah minimal 25 orang tiap Regu
  2. Peserta Lomba Karnaval antar OMDA di lingkungan IPB:, adalah mahasiswa/i yang ada di lingkungan IPB atau bagian dari pendukung tim yang terdaftar, dengan jumlah minimal 25 orang tiap regu.
DEWAN JURI
  1. Dewan Juri berasal dari :
  2. Taman Wisata Buah Mekarsari
  3. Dosen Arsitektur Lansekap IPB
  4. Asosiasi Bunga Indonesia (ASBINDO)
HADIAH
Pemenang Lomba terdiri dari Juara I, II, III dari setiap kategori lomba. Hadiah berupa Trophy dan Piagam Penghargaan dari Menteri Pertanian RI serta uang tunai.

INFORMASI PENDAFTARAN
  1. Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran.
  2. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan formulir yang sudah terisi lengkap kepada panitia melalui fax atau email atau datang langsung ke sekretariat panitia FBBN 2013, pukul 09.00 - 16.00 WIB. 
  3. Informasi dan Pendaftaran dapat menghubungi :
    Sekretariat Panitia FBBN 2013
    Global Agropark, Sekolah Pasca Sarjana IPB Lantai 2
    Jalan Raya Pajajaran, Bogor.
    Telpon/Fax : 0251 429 8841
    E-mail : registrasi.fbbn@yahoo.com
    Sdri. Kirana : 085293504632
  4. Pendaftaran peserta paling lambat tanggal 30 April 2013
DOWNLOAD BOOKLET
Share this article :

0 comments:

Post a Comment



 
Developed By : Bostio Mini PRO
Copyright © 2013. FBBN 2013 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger